Bagaimana Memulai Studio Foto Rumahan

Bikin Studio Foto RumahanIlmu grafis belajar desain tutorial bagaimana cara memulai bisnis dan usaha studio foto rumahan atau photo studio kecil-kecilan dengan budget minimal? Ini cukup mudah dan murah. Anda dapat memulai dengan dasar-dasar wajib, dan membangunnya secara bertahap dimulai dari sesuatu yang kecil kemudian secara pasti Anda akan memiliki alat baru sesuai dengan anggaran yang Anda punya dikemudian hari. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Sebuah studio foto rumahan dapat menjadi serumit studio foto komersial atau sesederhana seperti selembar kain putih ditempel di dinding dan diterangi cahaya lampu yang bertebaran. Tergantung pada kebutuhan Anda, studio fotografi membuka peluang baru bagi fotografer untuk mencari kemungkinan yang lebih kreatif. Sebelumnya saya membuat artikel cara singkat membuat studio foto mini di rumah yang isinya lebih ringkas karena tujuannya yang sederhana.
Nyaman dan sesegera mungkin bisa terlaksana, studio fotografi digital sangat mudah untuk berlatih. Tidak seperti fotografi film, tidak perlu menggunakan light meter genggam. Dengan setup pencahayaan yang sederhana, Anda dapat menempatkan kamera point-and-shoot digital Anda untuk penggunaan profesional, membuat studio potret instan.

1. Sebelum Anda mulai

Ketika berbicara mengenai studio fotografi, kamera SLR digital atau kamera point-and-shoot dengan jumlah megapiksel besar akan bekerja dengan baik. Berinvestasilah dengan membeli kartu memori yang lebih besar untuk studio foto rumahan Anda sekarang untuk menampung hasil bidikan kamera foto dengan resolusi tingkat tinggi.
Memulai Studio Foto Rumahan
Kamera Anda juga harus memiliki layar tampilan yang memungkinkan Anda untuk memiliki perspektif yang lebih baik pada komposisi gambar Anda. Sebagian besar kamera digital saat ini memilikinya. Namun, jika model Anda tidak memiliki monitor, alternatif untuk memeriksa apakah ia mempunyai fitur video-out yang akan memungkinkan Anda untuk menghubungkan kamera ke layar monitor sehingga Anda dapat melihat hasilnya secara langsung. Memiliki tampilan layar juga memiliki keuntungan tambahan untuk membuat subjek Anda kurang gugup karena Anda dapat mempertahankan kontak mata dengan dia saat Anda membuat pemotretan.

2. Apa sebenarnya yang Anda butuhkan?

Space alias ruangan. Tidak banyak. Anda bisa menggunakan sudut ruang tamu Anda, atau jika Anda mau dan bisa, Anda dapat mengkonversi salah satu kamar Anda menjadi sebuah studio. Dinding studio rumah Anda sebaiknya di cat menjadi warna putih sehingga memungkinkan cahaya untuk terpental lebih mudah. Pada saat yang sama, ini akan memberikan latar belakang yang lebih baik untuk gambar Anda.
bikin studio foto rumahan
Dinding putih bertindak seperti reflektor ketika Anda membutuhkan mereka, dan jika Anda tidak, mereka netral dan tidak akan membuat warna menjadi berhamburan. Tergantung pada anggaran Anda, studio rumah Anda dapat secanggih seperti yang dilakukan oleh sebuah studio profesional dengan lampunya yang mengesankan atau hanya setup sederhana dengan lembaran ditempel ke dinding dan sebuah lampu sorot.

3. Alat yang dipakai

Tripod. Seperti kita semua tahu, tripod adalah benda yang harus dimiliki ketika bicara mengenai studio fotografi. Ada beberapa jenis tripod, biasanya tinggi dan mobilitasnya bervariasi. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa para profesional cenderung menggunakan tripod beroda, yang tidak diperlukan ketika datang ke sebuah studio rumah. Anda hanya perlu tripod stand sederhana sebagai dukungan.
Cahaya. Ada dua pilihan untuk melakukan hal ini. Anda juga dapat menggunakan cahaya yang tersedia atau cahaya buatan. Cahaya yang tersedia dapat diperoleh jika Anda memiliki jendela di studio rumah Anda dengan cara membiarkannya tetap terbuka dan memungkinkan cahaya untuk jatuh ke dalam ruangan. Atau, Anda dapat menggunakan cahaya buatan yang persis apa yang paling diandalkan fotografer. Ini biasanya lampu penerangan umum atau lampu panas. Lampunya yang berkedip sinkron dengan kamera rana Anda dan kemudian berhenti. Lampu panas dapat Anda pakai di sepanjang waktu saat Anda membidik tanpa dimatikan dan lebih mudah untuk pemula kuasai karena apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan.
Memulai Studio Foto Rumahan
Payung. Ini bukan varian payung hujan Anda, tetapi apa yang Anda gunakan untuk meredupkan pencahayaan. Softbox A akan bekerja dengan baik. Anda dapat menggunakan karakter apapun dari kertas seamless putih menjadi muslin, untuk kanvas lukis untuk latar belakang / back drop. Jika Anda merasa kreatif dan ingin menyimpan uang, cat latar belakang Anda sendiri dengan cat akrilik dan gunakan kanvas polos, Anda bisa membeli di toko peralatan seni.
Reflektor. Sekarang kita memiliki cahaya, apa lagi yang kita butuhkan? Berikutnya dalam daftar adalah reflektor untuk menghilangkan bayangan jelek. Anda tidak perlu membeli jenis reflektor yang seorang fotografer profesional gunakan, karena hal ini sangat mungkin mahal. Yang Anda perlukan adalah permukaan dasarn putih, seperti karton putih atau papan gambar, untuk menghilangkan bayangan / shadow yang membuat jelek foto selama proses pemotretan.
Memulai Studio Foto Rumahan
Alat peraga. Bagi Anda yang tertarik foto potret, Anda mungkin perlu untuk mempertimbangkan property. Mereka tidak perlu rumit, tetapi sederhana seperti warna pakaian yang berbeda, meja, vas bunga, patung-patung atau kursi. Untuk menjad Anda mungkin perlu memilih yang atasnya kaca yang elegan dan juga dapat memungkinkan Anda untuk membuat efek pencahayaan khusus.
Software. Studio foto biasanya tidak harus berurusan dengan proses editing saat bidikan pemotretan selesai. Hal ini biasanya akan ditangani bagian laboratorium foto (orang lain, bagian tersendiri). Seperti menggunakan perangkat lunak di ujung studio. Pertama dan terutama Photoshop untuk retouch dan warna yang benar, juga Adobe Lightroom atau Aperture Apel sebagai aset besar untuk membantu dengan koreksi warna Anda dan retouching. Jika photoshop terlalu mahal mungkin Anda perlu membaca artikel berikut.
Kenapa harus dipisah, ada bagian sendiri-sendiri? karena memungkinkan Anda untuk menguasai lebih dalam atas apa yang menjadi tugas Anda. Biasanya photografer bekerja minimal dua atau tiga orang untuk mengelola sebuah proyek pemotretan, yang memungkinkan mencapai hasil paling maksimal. Ada fotografer, dan ada editor.
Semoga Anda menikmati artikel ini dan jangan lupa bergabung dengan teman-teman yang lain di Facebook AhliDesain, dan ikuti  Twitter saya. Jika Anda menyukai artikel-artikel dari saya jangan lupa untuk memasukkannya dalam subscribe ke ahlidesain RSS Feed.
Bila ada yang ditanyakan, saran, tanggapan dan ide kreatif silakan isi pada komentar, saya akan mencoba menjawab secepat dan sebaik mungkin.

0 Comments »

Leave a comment

Menu

Social Icons

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Contact FB

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Theme: TheBuckmaker. Converted by Wordpress To Blogger for WP Blogger Themes.